Salah satu komponen yang bisa dipastikan hampir selalu ada pada bangunan bertingkat adalah lift. Fungsi lift sendiri sangat penting pada gedung bertingkat, karena memudahkan mobilitas pengunjung di dalamnya. Jika terdapat gangguan pada lift, otomatis juga akan membuat aktivitas orang-orang di gedung tersebut menjadi terhambat.

Supaya fungsi lift tetap dapat berjalan dengan baik maka perlu dilakukan maintenance lift atau perawatan secara berkala sesuai jadwal yang ditentukan. Lebih dari itu, ada beberapa alasan mengapa perawatan lift sangat diperlukan secara berkala.

Pentingnya Maintenance Lift Secara Berkala

Menurut data, lift melakukan aktivitas dalam mendukung mobilitas manusia selama hampir 18 miliar perjalanan per tahun. Angka ini hampir sama besarnya dengan perjalanan yang dilakukan oleh manusia dengan menggunakan mobil.

Itu artinya keberadaan lift sangat penting sehingga harus diperhatikan fungsinya tidak menurun seiring berjalannya waktu. Dengan perawatan lift secara rutin, maka inilah keuntungan yang didapatkan.

1. Keamanan Terjamin

Sudah beberapa kali kita mendengar lift anjlok saat digunakan dan menyebabkan korban jiwa. Tentu siapa saja tidak ingin kejadian seperti itu terjadi kembali. Lift yang anjlok sangat mungkin disebabkan oleh karena kurangnya maintenance lift atau perawatan yang dilakukan.

Dengan kata lain, perawatan rutin pada lift ikut menjaga keamanannya saat dipergunakan orang. Melalui perawatan rutin maka jika ada masalah atau komponen lift yang sudah usang bisa segera dilakukan penggantian, sehingga tidak perlu terjadi insiden kecelakaan.

2. Aktivitas Tidak Terhambat

Maintenance lift menjaga fungsinya untuk mendukung mobilitas orang dapat berjalan dengan baik. Bayangkan saja jika lift tiba-tiba rusak maka orang-orang yang ingin naik atau turun lantai di gedung bertingkat harus menggunakan tangga darurat. Ini tentu saja menghambat aktivitas mereka.

3. Melihat Komponen yang Harus Diganti

Komponen pada lift memiliki masa kadaluarsa sehingga harus dilakukan penggantian pada jangka waktu tertentu. Komponen yang sudah usang jika tidak diganti bisa menyebabkan kecelakaan ketika lift digunakan. 

Saat melakukan maintenance itulah bisa diperiksa apakah ada komponen yang perlu diganti atau tidak. Mungkin ada biaya yang harus dikeluarkan untuk mengganti komponen tersebut tapi hal ini dapat menjaga lift dari kerusakan.

Jadi, memperhatikan perawatan lift secara berkala merupakan investasi yang sangatlah penting untuk memastikan keamanan, keandalan, efisiensi lift, serta keselamatan dan kenyamanan pengguna lift. Hal ini juga membantu memperpanjang umur pakai lift dan mencegah kerusakan yang lebih parah dan mahal.

Bumi Daya Plaza sangat memahami pentingnya perawatan lift untuk keamanan dan efisiensi lift gedung Anda. Oleh karena itu, kami menawarkan layanan property management yang komprehensif, termasuk layanan maintenance lift yang profesional dan terpercaya dengan teknisi yang qualified dan berpengalaman dengan peralatan dan teknologi terkini.

Untuk masalah biaya, Anda tidak perlu khawatir karena kami menawarkan harga yang kompetitif dan transparan.

Tak hanya itu, kami juga memiliki berbagai layanan lainnya, seperti cleaning service, mechanical electrical, landscape/pertamanan, dan masih banyak lagi.

Percayakan kepada Bumi Daya Plaza untuk memastikan properti Anda terawat dan aman!