Beberapa orang merasa lebih nyaman dengan model ruang kantor yang didesain dengan model terbuka, tetapi bagi lainnya mungkin sebaliknya. Ruangan kantor yang terbuka konsepnya membuat orang sulit berkonsentrasi, sehingga lebih menyukai model tertutup. Namun, sebuah perusahaan tentu membuat desain kantor sebaik mungkin agar karyawan dapat bekerja dengan baik sesuai tugasnya masing-masing. 

Lalu, manakah yang lebih enak dari kedua konsep ruangan tersebut tentunya semua kembali kepada kebutuhan masing-masing. Tapi, perlu Anda tahu, kalau keduanya juga memiliki kelebihannya masing-masing lho. Apa saja itu? Simak yuk!

Kelebihan Ruang Kantor Terbuka dan Tertutup

Jika saat ini sedang bingung memilih konsep dan desain ruangan kantor, apakah terbuka atau tertutup, mungkin sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhannya. Selain itu, model ruangan kantor juga seharusnya disesuaikan dengan jenis usaha atau bisnisnya.

Agar bisa membantu Anda memilih jenis ruangan mana yang tepat, silakan simak apa saja kelebihan konsep ruangan kerja terbuka dan yang tertutup berikut ini.

1. Kenyamanan

Ruangan kantor yang modelnya terbuka lebih nyaman bagi orang-orang yang senang bergerak aktif. Orang-orang tipe begini biasanya cepat merasa bosan ketika harus melakukan pekerjaan diruangan tertutup sendirian. Mereka lebih suka berinteraksi dengan teman kerja dan berdiskusi.

Selain itu, konsep ruang kantor yang terbuka membuat kita lebih mudah mengatur intensitas cahaya yang masuk. Apalagi dengan model terbuka ini, maka ruangan akan terlihat lebih luas sehingga dapat mengurangi rasa stres dan tekanan.

2. Konsentrasi

Meskipun terlihat lebih nyaman, sayangnya konsep ruangan terbuka kurang cocok bagi kantor yang mengharuskan karyawannya memiliki tingkat konsentrasi tinggi. Ruangan tertutup akan lebih tepat digunakan karena setiap karyawan akan memiliki ruangan sendiri untuk bekerja.

3. Biaya Perawatan

Bagi perusahaan memperhitungkan seluruh biaya adalah sebuah hal yang harus dilakukan. Termasuk dalam hal ini adalah biaya perawatan ruang kantor. Dari segi biaya perawatan, ruangan yang terbuka lebih hemat dan efisien karena tidak menggunakan sekat-sekat yang banyak.

Ruangan lebih mudah dibersihkan karena tidak ada sekat yang menghalanginya, sehingga tenaga kebersihan-nya yang digunakan juga lebih sedikit. Tidak perlu juga bahan pembersih tambahan untuk membersihkan sekat kaca misalnya, sehingga jauh lebih hemat.

Itu dia kelebihan dan kekurangannya, baik untuk model ruang kantor terbuka atau tertutup dalam kantor. Tidak ada jawaban yang benar atau salah ketika memilih antara keduanya. Pilihan terbaik tergantung pada kebutuhan dan preferensi perusahaan serta karyawannya.

Di Bumi Daya Plaza memahami bahwa setiap perusahaan memiliki kebutuhan ruangam yang berbeda. Untuk itu, kami menawarkan berbagai pilihan ruang kantor, mulai dari ruang kantor terbuka yang dinamis hingga ruang kantor tertutup yang privat, serta coworking space yang fleksibel melalui layanan building management yang merupakan lini bisnis pertama sejak 1978.

Mengapa memilih layanan kami?

Kami telah mengelola 2 gedung yaitu Graha Mandiri dan Menara Mandiri yang berlokasi strategis dan didukung dengan fasilitas yang lengkap. Ini menjadi solusi untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi bisnis Anda.

Ayo kunjungi website resmi Bumi Daya Plaza atau hubungi kami dinomor +62 21-3193-6808 untuk mendapatkan informasi lebih lanjut