Memasuki sebuah ruangan, hal pertama yang biasanya menarik perhatian adalah warna. Warna pada dinding, langit-langit, lantai, dan furnitur dapat memberikan kesan yang berbeda-beda, seperti ceria, tenang, luas, sempit, formal, kasual, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, pemilihan warna yang tepat dalam desain interior merupakan hal yang sangat penting.

Pengaruh warna dalam interior tidak hanya sebatas estetika, tetapi juga memiliki dampak psikologis dan fungsional yang signifikan. Bagaimana bisa warna sangat mempengaruhi dalam desain ruangan?

Baca juga: Fungsionalitas vs. Estetika, Ini Perbedaan Desain Eksterior dan Interior Bangunan

Pengaruh Pemilihan Warna dalam Desain Interior

Warna berperan penting dalam interior sebuah bangunan. Setiap warna memiliki kekuatan dan sensasi tersendiri. Seorang desainer interior perlu untuk mempertimbangan keinginan klien agar bisa mendapatkan warna yang tepat dan menghasilkan kombinasi harmonis menyenangkan.

Tidak hanya mampu membangkitkan sensasi dan emosional, warna juga mampu menciptakan kesan berbeda yang diperoleh mata dalam desain interior. Elemen ini lebih dari sekadar bahasa visual. Berikut karakter-karakter yang bisa diperoleh dari masing-masing warna.

1. Hitam

Hitam menjadi warna favorit bagi pria dan wanita, karena cenderung netral. Warna ini dapat menghasilkan kesan misterius, glamor, hingga menunjukkan kedalaman emosi. Di samping itu, hitam dapat memberikan kesan negatif seperti kematian, duka, hingga menakutkan.

2. Putih

Selain hitam, putih juga masih termasuk dalam warna netral. Putih mampu memberikan kesan minimalis, suci, bersih, luas, ringan, dan bebas. Tak heran banyak orang mengaplikasikan warna ini pada cat dinding rumah, lantai keramik, hingga perabotan rumah tangga.

3. Abu-Abu

Abu-abu banyak kita temui di bangunan-bangunan seperti café dan kantor. Warna ini mampu menunjukkan kesan stabil, netral, keleluasaan, dan serius. Di samping itu, abu-abu ternyata juga dapat memberikan kesan negatif seperti kurang percaya, bosan, hingga lembab.

4. Merah

Layaknya bendera Indonesia, merah melambangkan keberanian. Oleh karena itu, orang yang melihat warna ini pada desain interior bisa mendapatkan kesan berani, hangat, agresif, hingga meningkatkan emosional.

5. Kuning

Jika merah dianggap warna berani, kuning erat dengan julukan ceria. Warnanya yang cenderung terang bahkan dapat merangsang otak. Orang-orang yang melihat warna ini pada interior sebuah bangunan bisa mendapat kesan gembira, toleransi, imajinatif, hingga waspada.

6. Hijau

Sebagaimana warna alam, hijau dapat memberikan kesejukan, rileks, segar, dapat menurunkan emosi seseorang, hingga menurunkan tekanan darah. Jika diaplikasikan pada langit-langit ruang, ini akan memberikan kesan penyembuhan, pertumbuhan, dan awal yang baru.

Nah, dengan memahami bagaimana warna sangat mempenagruhi kesan yang ada, Anda bisa mewujudkan interior impian yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup Anda. Jangan takut untuk bereksperimen dan bermain dengan warna, tapi pastikan Anda mempertimbangkan semua faktor yang terkait untuk menciptakan harmoni yang indah di dalam ruangan.

Ingin mewujudkan desain interior impian Anda?

Bumi Daya Plaza, sebagai perusahaan solusi pembangunan dan pengelolaan gedung terpercaya, siap membantu Anda mewujudkan interior impian. Tim profesional kami berpengalaman dalam memilih dan menerapkan warna yang tepat untuk berbagai jenis ruangan, baik hunian maupun komersial.

Kami juga memperkuat sektor bisnis dalam bidang konstruksi ini dengan membangun dan mengembangkan usaha Workshop furniture yang bisa menunjang kegiatan pembangunan.

Tertarik bekerjasama? Yuk kunjungi website resmi Bumi Daya Plaza untuk informasi lebih lanjut!