Ini dia Jenis-Jenis Tata Ruang Kantor, Mana yang Paling Sesuai untuk Anda?
Untuk menciptakan lingkungan kerja yang nyaman, diperlukan penataan ruang kantor yang tepat. Fasilitas yang memadai tidak hanya cukup, melainkan desain ruangan juga memiliki dampak signifikan terhadap produktivitas dan kinerja karyawan. Itulah sebabnya penataan ruang yang paling efektif agar setiap karyawan merasa nyaman dan bisa menunjukkan kinerja yang terbaik.
Selain itu, perlu diperhatikan aspek ergonomis dalam desain ruangan untuk mendukung kesehatan dan kenyamanan fisik karyawan. Dalam hal ini ada beberapa jenis penataan ruang yang bisa diterapkan sesuai dengan kebutuhan masing-masing bidang kerja. Anda bisa simak selengkapnya melalui ulasan berikut.
Baca juga: Tips Mengatur Tata Letak Ruang Kantor yang Efisien dan Nyaman
Jenis-Jenis Tata Ruang Kantor
Penataan ruangan untuk kantor perusahaan memerlukan desain yang tepat agar bisa memberikan dampak yang positif bagi karyawan dalam bekerja. Lantas, apa saja jenis-jenis penataan ruang yang bisa diterapkan di kantor?
1. Open Plan
Jenis yang pertama adalah open plan dengan desain ruangan yang terbuka. Pada jenis penataan ini ruangan tidak memiliki sekat pembatas sehingga memungkinkan para karyawan untuk berkomunikasi dengan mudah. Sayangnya, pada jenis tata ruang ini privasi karyawan sangat kurang.
2. Cubicle Office
Dari jenis sebelumnya yang menerapkan tata ruang kantor yang terbuka tanpa sekat, pada cubicle office ruangannya bersekat dan tertutup sehingga privasi masing-masing karyawan lebih terjaga. Selain itu, karyawan bisa lebih fokus dalam bekerja. Sayangnya, sekat pada kantor memberikan kesan yang sempit.
3. Co-Working Space
Apa itu co-working space? Pada dasarnya penataan ruang yang satu ini diartikan sebagai ruang kerja yang digunakan oleh beberapa perusahaan. Dengan demikian, karyawan dari perusahaan yang berbeda bisa bekerja di ruangan yang sama. Namun, biaya sewa untuk jenis ruangan ini cukup mahal.
4. Landscape Office
Jenis penataan ruang kantor ini biasanya ditampilkan dalam suasana yang lebih fresh dengan tambahan dekorasi, taman dan fasilitas lainnya sehingga tidak membosankan. Dengan adanya tambahan fasilitas tersebut tentu biaya pemeliharaannya jadi lebih mahal.
5. Gabungan
Desain penataan yang satu ini menggabungkan antara open plan dengan cubicle office. Sehingga ada bagian dari ruangan yang terbuka untuk keperluan diskusi dan ada bagian yang tertutup dengan sekat agar karyawan lebih fokus.
Dengan beberapa jenis tata ruang kantor yang telah dijelaskan di atas, Anda bisa memilih konsep dan desain yang diinginkan. Untuk keperluan tersebut, Anda bisa mendiskusikan tata ruang yang diinginkan agar kinerja dan produktivitas karyawan semakin meningkat. Segera saja hubungi bumidayaplaza.co.id.
Jadi, beberapa jenis penataan ruang kerja yang telah dijelaskan di atas, pemilihan konsep yang sesuai akan memberikan dampak yang signifikan terhadap kesejahteraan dan produktivitas karyawan.
Nah, ada solusi ideal untuk kebutuhan ruang kantor Anda, yaitu dengan menyewanya di Bumi Daya Plaza. Dengan lingkungan yang modern dan fasilitas terkini, mulai dari ruang kantor hingga coworking space, kami memiliki pilihan berbagai layanan building management yang fleksibel untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda.
Dengan harga yang kompetitif, lokasi strategis, serta fasilitas penunjang lain, Bumi Daya Plaza menjadi pilihan yang tepat untuk memajukan bisnis Anda.