Transjakarta Perkuat Layanan, Sosialisasi Program TAD BDP Lahirkan Pramusapa Unggul di 12 Rute Bus
JAKARTA - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) semakin gencar memperkuat kualitas layanan pelanggannya melalui kolaborasi strategis dengan PT Bumi Daya Plaza (BDP), dalam pengadaan Tenaga Alih Daya (TAD) Pramusapa untuk Transjakarta. Terdapat sekitar 400 TAD Pramusapa yang diberikan sosialisasi awal yang spesifik khusus untuk petugas layanan di dalam bus. Kegiatan berlangsung di Ballroom Gedung Graha Mandiri, pada hari Jumat (31/10/2025).
Program yang dikelola oleh BDP ini dirancang khusus untuk menciptakan Pramusapa Transjakarta yang tidak hanya berorientasi pada pelayanan prima, tetapi juga memiliki kapabilitas untuk mengelola situasi dan memberikan informasi akurat kepada pelanggan di tengah mobilitas tinggi.
Sosialisasi TAD Pramusapa Transjakarta yang dilaksanakan oleh BDP, menitikberatkan pada penempatan Pramusapa yang telah lulus kualifikasi di dalam bus untuk 12 rute perjalanan. Rute-rute ini dipilih berdasarkan kompleksitas rute serta kebutuhan mendesak akan asistensi dan informasi langsung di dalam bus.
12 rute tersebut, yaitu 1A (PIK Pantai Maju-Balai Kota), 1B (St. Palmerah-Tosari), 3E (Sentraland CKG-Puri Kembangan), 5B (Stasiun Tebet-BNN), 6H (Lebak Bulus-Senen), 7V (Cibubur-Kp Rambutan), 8M (S Parman Podomoro City-Tanah Abang), 9E (Kebayoran Lama-Grogol 2), 11Q (Pulogebang-Kp Melayu via BKT), 12B (Pluit-Stasiun Senen), 14A (Juanda-JIS), D41 (Trmn Sawangan-Lebak Bulus).

“Kami, PT Bumi Daya Plaza, bangga dapat berkontribusi dalam peningkatan kualitas layanan publik melalui Tenaga Alih Daya Pramusapa BDP ini. Kehadiran Pramusapa yang kami latih ini menjadi wujud nyata komitmen BDP mendukung Transjakarta dalam menyediakan layanan yang aman, nyaman, dan informatif,” ungkap Achmad Dhonny Romadhoni selaku Senior Executive Vice President BDP.
Pramusapa Transjakarta memiliki peran sebagai garda terdepan dalam pelayanan, berhadapan langsung dengan publik, dan bertugas memastikan keamanan dan kenyamanan pelanggan. Oleh karena itu, dalam proses seleksi penerimaan TAD Pramusapa ini diharuskan sudah memiliki sertifikasi Gada Pratama dan KTA aktif sebagai bukti legalitas dan kredibilitas telah memiliki kemampuan dan pemahaman dasar keamanan secara profesional.
Hendry Farulian selaku Group Head Security Management BDP menambahkan, bahwa saat bertugas seorang Pramusapa harus selalu sigap dalam memberikan pelayanan dan pengamanan kepada pelanggan. Karena, bertugas di dalam transportasi umum dan banyak bertemu dengan banyak pelanggan yang beragam. Jadi ketika terjadi insiden, Pramusapa harus berani mengambil sikap dan tindakan dengan profesional.

Materi yang disampaikan oleh Dita Sandi Kurniawan dari tim Outsourcing Management BDP, mengenai Hero Serves Hero dan Standar Standar Pelayanan Minimum.
Pramusapa Transjakarta dari TAD BDP ini akan bertugas untuk memberikan:
Informasi rute dengan akurat dengan memberikan petunjuk rute dan estimasi waktu secara real-time
Asistensi prioritas dengan membantu pelanggan prioritas (lansia, ibu hamil, dan penyandang disabilitas) selama perjalanan
Pengawasan fasilitas untuk menjaga ketertiban, kebersihan, dan memastikan fasilitas di dalam bus berfungsi dengan baik
Penangan insiden dengan bertindak cepat dan profesional terhadap keluhan atau insiden kecil di dalam bus

Selain itu, sosialisasi ini juga untuk mengintegrasikan nilai-nilai budaya kerja Pramusapa untuk mampu memberikan pelayanan yang memberdayakan pelanggan dan bertindak solutif serta mengedepankan sikap profesional, berpengetahuan luas, dan cerdas dalam melayani.
Dengan bekal dari sosialisasi PT Bumi Daya Plaza, Pramusapa Transjakarta diharapkan mampu meningkatkan indeks kepuasan pelanggan secara signifikan terhadap transportasi umum di Jakarta.
Mitra bisnis masa depan untuk Sewa Ruang Kantor | Jasa Pengelolaan Gedung | Jasa Tenaga Alih Daya | Jasa Tenaga Keamanan | Jasa Konstruksi | Jasa Desain dan Furniture