Pramusapa Transjakarta: Pilar Kenyamanan Perjalanan
Pramusapa Transjakarta adalah pilar utama layanan pelanggan Transjakarta. Karena tanpa mereka, standar pelayanan, keamanan, dan inklusivitas yang diusung Transjakarta tidak akan tercapai. Oleh karena itu, Pramusapa menjadi wajah layanan publik yang menjamin perjalanan warga di Jakarta setiap hari agar berjalan dengan aman, nyaman, dan informatif.
Pramusapa Transjakarta adalah petugas layanan operasional yang ditempatkan di dalam bus maupun halte Transjakarta yang bertugas langsung untuk berinteraksi dengan pelanggan. Istilah ini menggabungkan dua unsur, yaitu ‘Pramuniaga’ (pelayan jasa) dan ‘Sapa’ yang menegaskan fungsi utama mereka dalam memberikan pelayanan yang ramah dan proaktif.
Peran Pramusapa sangat vital, karena mencakup 3 aspek, yaitu pelayanan prima, aksesibilitas inklusif, dan pengawasan keamanan. Mereka wajib menerapkan Budaya 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun), memberikan informasi rute yang akurat, serta memastikan pelanggan prioritas (lansia, ibu hamil, penyandang disabilitas) mendapatkan bantuan penuh saat naik dan turun bus.
Kehadiran mereka di dalam bus dan halte juga berfungsi sebagai mata dan telinga operasional, menjaga ketertiban, dan bertindak cepat jika terjadi insiden.
Tugas dan Tanggung Jawab Utama Pramusapa Transjakarta
Pramusapa memiliki tugas yang sangat beragam, berfokus pada tiga pilar utama pelayanan, aksesibilitas, dan keamanan berikut penjelasannya:
Pilar Pelayanan & Informasi
Menyambut dan Menyapa: Wajib menerapkan Budaya 5S yakni Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun kepada semua pelanggan.
Penyedia Informasi Akurat: Memberikan informasi mengenai rute bus, arah tujuan, lokasi transit/pergantian koridor, dan panduan penggunaan layanan.
Penanganan Keluhan: Bertindak sebagai penghubung pertama untuk menenangkan situasi dan mencatat keluhan pelanggan.
Pilar Aksesibilitas & Inklusivitas
Bantuan Prioritas: Memastikan pelanggan prioritas (lansia, ibu hamil, penyandang disabilitas, dan pelanggan dengan anak) mendapatkan tempat duduk dan dibantu saat naik maupun turun bus.
Pendampingan: Memberikan asistensi penuh kepada pelanggan saat proses naik turun, agar berjalan tertib dan lancar.
Pilar Keamanan & Ketertiban
Pengawasan Keamanan: Mengawasi situasi di dalam bus dan halte untuk mencegah insiden kriminalitas atau pelecehan, serta siap berkoordinasi dengan petugas keamanan terkait.
Pengaturan Arus Pelanggan: Mengatur alur pelanggan saat proses naik dan turun agar berjalan tertib dan lancar.
Pelaporan Operasional: Melaporkan kondisi bus, kelainan teknis, atau kejadian tak terduga yang terjadi selama perjalanan kepada pihak Transjakarta.
BACA JUGA: Transjakarta Perkuat Layanan, Sosialisasi Program TAD BDP Lahirkan Pramusapa Unggul di 12 Rute Bus
Tantangan dan Risiko Pramusapa
Di balik seragam rapi dan senyum yang ramah, Pramusapa Transjakarta harus menghadapi serangkaian tantangan dan risiko kerja yang memerlukan kesiapan mental dan fisik ekstra, seperti:
Tekanan Kerja: Bekerja dalam sistem shift dan harus siap menghadapi kepadatan penumpang, terutama saat jam sibuk.
Mengelola Emosi: Harus tetap tenang, ramah, dan profesional meskipun menghadapi penumpang yang komplain, rewel, atau bus yang mengalami kendala teknis.
Risiko Keamanan: Terutama yang bertugas di malam hari atau di rute yang rawan, mereka juga berperan untuk mencegah tindak kriminalitas, termasuk pelecehan seksual di dalam bus.
Peran Strategis Pramusapa Melalui Outsourcing BDP
Untuk menjaga efisiensi dan memungkinkan PT Transportasi Jakarta fokus sepenuhnya pada operasional inti transportasi, penyedia tenaga Pramusapa dilakukan melalui sistem outsourcing. Dengan menggunakan sistem ini, PT Bumi Daya Plaza (BDP) sebagai mitra penyedia jasa bertindak sebagai Outsourcing Management yang bertanggung jawab atas rekrutmen, administrasi, dan pengelolaan Tenaga Alih Daya (TAD) Pramusapa.
Segera hubungi kami untuk kebutuhan Outsourcing Management TAD Pramusapa yang profesional dan terintegrasi bagi perusahaan atau institusi Anda.
Mitra bisnis masa depan untuk Sewa Ruang Kantor | Jasa Pengelolaan Gedung | Jasa Tenaga Alih Daya | Jasa Tenaga Keamanan | Jasa Konstruksi | Jasa Desain dan Furniture